Survey Tingkat Kepuasan Layanan Tahun 2017 – 2020
Deskripsi Skor Tingkat Kepuasan Layanan
Skor |
Deskripsi |
4 |
Sangat baik |
3 |
Baik |
2 |
Cukup |
1 |
Kurang |
Hasil Penelusuran Kepuasan Pengguna Oleh Mahasiswa, Dosen, dan Alumni
No. |
Pertanyaan |
Skor |
|||
2017 |
2018 |
2019 |
2020 |
||
Responden: Mahasiswa |
|||||
1. |
Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengakses Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) |
3,14 |
3,19 |
3,15 |
3,59 |
2. |
Dosen menyampaikan tujuan/capaian pembelajaran umum mata kuliah pada pertemuan pertama perkuliahan |
3,14 |
3,20 |
3,16 |
3,65 |
3. |
Dosen menyampaikan tujuan/capaian pembelajaran khusus setiap bab dari materi yang akan diberikan |
3,13 |
3,18 |
3,17 |
3,48 |
4. |
Dosen menyampaikan cara penilaian dan pembobotannya mulai dari tugas, UTS dan UAS |
3,17 |
3,21 |
3,16 |
3,61 |
5. |
Dosen menyampaikan kontrak perkuliahan tentang tata nilai dan sikap serta perilaku baik pada awal perkuliahan sebagai pembentukan karakter unggul lulusan |
3,17 |
3,22 |
3,18 |
3,61 |
6. |
Dosen memiliki bahan ajar (mulai dari yang sederhana yaitu Hand Out/ Power Point/Alat Peraga, Sampai pada yang lebih sempurna yaitu Modul/ Diklat Kuliah atau Buku Ajar |
3,15 |
3,18 |
3,17 |
3,48 |
7. |
Materi mata kuliah bermanfaat untuk perkembangan IPTEKS atau bekal pengetahuan menghadapi dunia kerja |
3,16 |
3,21 |
3,16 |
3,52 |
8. |
Dosen menerapkan metode pembelajaran terpusat pada mahasiswa (student centered learning)yang berdampak terhadap peningkatan kemampuan intarpersonal dan interpersonal skills mahasiswa |
3,13 |
3,17 |
3,14 |
3,42 |
9. |
Dosen sudah menggunakan teknologi informasi yaitu Interactive-Learning (I-Learning) untuk perkuliahan sehingga kegiatan perkuliahan lebih efisien |
3,09 |
3,15 |
3,14 |
3,47 |
10. |
Kehadiran dosen minimal 90% dari total pertemuan yang seharusnya yaitu 14 kali tatap muka |
3,14 |
3,18 |
3,15 |
3,56 |
11. |
Dosen dengan teratur memberikan perkuliahan yaitu masuk dan keluar tepat waktu dan tidak menumpuk kegiatan perkuliahan pada minggu tertentu |
3,13 |
3,17 |
3,17 |
3,40 |
12. |
Selain penilaian UTS dan UAS, dosen juga melaksanakan penilaian proses yang mencangkup intrapersonal dan interpersonal skill mahasiswa selama perkuliahan |
3,12 |
3,16 |
3,16 |
3,44 |
13. |
Soal Ujian sesuai dengan tujuan khusus atau capaian pembelajaran per bab sebagaimana dituliskan dalam RPKPS |
3,14 |
3,17 |
3,16 |
3,44 |
14. |
Dosen mengembalikan lembaran jawaban dan memberi kesempatan bagi mahasiswa memverifikasi hasil penilaian |
3,06 |
3,10 |
3,13 |
3,18 |
15. |
Fakultas/jurusan/bagian/program studi menyediakan panduan akademik yang lengkap |
3,09 |
3,13 |
3,15 |
3,38 |
16. |
Fakultas/jurusan/bagian/program studi memberikan dan menjelaskan panduan kurikulum yang berisi profil lulusan, kompetensi lulusan/pencapaian pembelajaran serta silabus matakuliah |
3,08 |
3,14 |
3,16 |
3,44 |
17. |
Prosedur layanan administrasi akademik di tingkat universitas tertulis dengan jelas dan terlaksana dengan lancar |
3,08 |
3,12 |
3,13 |
3,38 |
18. |
Prosedur layanan administrasi di tingkat fakultas/jurusan/bagian/program studi tertulis dengan jelas dan terlaksana dengan lancar |
3,04 |
3,11 |
3,12 |
3,34 |
19. |
Penasehat akademik menyediakan cukup waktu untuk pertemuan tatap muka secara terjadwal minimal 3 (tiga kali) dalam satu semester |
3,06 |
3,11 |
3,15 |
3,39 |
20. |
Fakultas/jurusan/bagian/program studi menyediakan layanan yang cukup untuk kegiatan ekstra kurikuler |
3,07 |
3,13 |
3,14 |
3,26 |
21. |
Universitas menyediakan layanan yang cukup untuk kegiatan ekstra kurikuler |
3,03 |
3,10 |
3,13 |
3,32 |
22. |
Layanan bimbingan konseling bagi mahasiswa sudah tersedia dan berjalan dengan lancar di tingkat fakultas/universitas |
3,03 |
3,10 |
3,13 |
3,25 |
23. |
Layanan kesehatan sudah tersedia dan berjalan dengan lancar di tingkat fakultas/universitas |
3,04 |
3,12 |
3,12 |
3,39 |
24. |
Fasilitas olah raga sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan dengan lancar di tingkat fakultas/universitas |
3,14 |
3,17 |
3,11 |
3,24 |
25. |
Dosen Menyampaikan metode pembelajaran yang diterapkan |
3,14 |
3,19 |
3,15 |
3,49 |
Responden: Dosen |
|||||
1. |
Kesempatan yang diberikan institusi/pimpinan untuk memberikan kesempatan untuk pelatihan /workshop/seminar |
3,05 |
3,07 |
3,00 |
3,71 |
2. |
Penghargaan yang diberikan institusi/pimpinan terhadap kinerja dosen |
2,88 |
2,98 |
2,88 |
3,36 |
3. |
Beban tugas mengajar terbagi secara merata |
3,17 |
2,96 |
3,12 |
3,57 |
4. |
Akses mendapatkan fasilitas ICT untuk proses belajar mengajar |
3,02 |
3,00 |
3,00 |
3,36 |
5. |
Akses mendapatkan fasilitas perpustakaan untuk proses belajar mengajar |
2,93 |
2,91 |
3,00 |
3,43 |
6. |
Kenyamanan di ruangan kerja |
3,00 |
3,05 |
3,12 |
3,71 |
7. |
Kepuasan dosen terhadap kualitas pelayanan administrasi tenaga kependidikan (karyawan) |
2,95 |
2,98 |
2,82 |
2,93 |
8. |
Kepuasan dosen terhadap kualitas pelayanan tenaga analis di laboratorium |
2,76 |
2,80 |
2,65 |
2,64 |
9. |
Kualitas dosen terhadap kualitas pelayanan tenaga perpustakaan |
2,86 |
2,95 |
2,94 |
3,00 |
10. |
Bantuan institusi/pimpinan untuk mendapatkan informasi penelitian |
3,24 |
3,11 |
3,35 |
3,93 |
11. |
Bantuan institusi/pemimpin untuk mendapatkan sumber pendanaan penelitian |
3,17 |
3,05 |
3,29 |
3,79 |
12. |
Bantuan institusi/pimpinan untuk memfasilitasi publikasi penelitian |
3,21 |
3,15 |
3,29 |
3,71 |
13. |
Akses mendapatkan fasilitas ICT untuk menunjang penelitian |
3,00 |
2,89 |
3,12 |
3,64 |
14. |
Akses mendapatkan fasilitas laboratorium untuk melakukan penelitian |
3,00 |
2,89 |
3,00 |
3,21 |
15. |
Bantuan institusi/pimpinan untuk mendapatkan informasi pengabdian |
3,05 |
3,05 |
3,24 |
3,79 |
16. |
Kesempatan yang diberikan institusi/pimpinan untuk meningkatkan kualitas pengabdian dosen |
3,02 |
3,02 |
3,12 |
3,50 |
17. |
Penghargaan yang diberkan institusi/pimpinan terhadap kinerja pengabdian dosen |
2,95 |
2,89 |
2,94 |
3,29 |
Responden: Alumni |
|||||
1. |
Masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan |
1,88 |
2,07 |
1,88 |
3,38 |
2. |
Gaji pertama |
2,13 |
2,41 |
2,53 |
2,43 |
3. |
Kesesuaian pekerjaan dengan latar belakang pendidikan |
3,00 |
2,95 |
2,84 |
3,75 |
4. |
Kepuasan terhadap kualitas staf akademik |
2,75 |
3,00 |
2,94 |
3,69 |
5. |
Kepuasan terhadap kualitas program akademik |
2,75 |
3,03 |
2,94 |
3,69 |
6. |
Kepuasan terhadap proses pembelajaran yang inspiratif dan menambah wawasan |
2,75 |
3,05 |
2,97 |
3,81 |
7. |
Kepuasan terhadap Kuliah Kerja Nyata yang diikuti |
3,00 |
3,12 |
3,00 |
3,58 |
8. |
Kepuasan terhadap proses pelayanan administratif akademik |
2,75 |
2,92 |
2,72 |
3,69 |
9. |
Kepuasan terhadap fasilitas akademik (kelas,LCD,laboratorium) |
2,88 |
3,00 |
2,84 |
3,69 |
10. |
Kepuasan terhadap ekskul, apakah SAPS memberikan manfaat yang signifikan bagi alumni |
3,13 |
3,02 |
2,94 |
3,44 |
11. |
Kepuasan terhadap pelayanan penunjang lainnya (bus kampus) |
2,88 |
3,02 |
2,88 |
3,50 |
12. |
Kebanggaan terhadap almamater, reputasi institusi |
3,00 |
3,22 |
3,09 |
3,81 |
13. |
Kepuasan terhadap upaya universitas untuk menyiapkan alumni memasuki dunia kerja |
2,63 |
2,80 |
2,84 |
3,69 |
14. |
Hubungan alumni dengan ikatan alumni atau jaringan alumni |
2,63 |
3,05 |
2,97 |
3,63 |
15. |
Kepuasan terhadap hubungan timbah balik alumni dengan almamaternya |
2,75 |
2,97 |
2,91 |
3,69 |
16. |
Kemudahan akses alumni untuk mendapatkan informasi mengenasi institusi |
2,63 |
2,95 |
2,88 |
3,63 |